Sabtu, 25 Juli 2015

ANDROID APAAN TUCH??




Android merupakan sistem operasi yang berbasis Linux dan dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti smartphone serta komputer tablet. Android pada awalnya dikembangkan oleh perusahaan bernama Android, Inc., dengan dukungan finansial yang berasal dari Google, yang kemudian Google pun membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi android tersebut secara resmi dirilis pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya sebuah perusahaan Open Handset Alliance, konsorsium dari beberapa perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, serta telekomunikasi yang memiliki tujuan untuk memajukan standar terbuka dari perangkat seluler. Ponsel yang berbasis sistem operasi Android pertama dijual pada bulan Oktober 2008.

Sejarah android pada mulanya berasal dari perusahaan bernama Android, Inc. didirikan tempatnya di Palo Alto, California, pada Oktober tahun 2003 oleh Andy Rubin (pendiri Danger), Rich Miner seorang pendiri Wildfire Communications, Inc., Nick Sears seorang mantan VP T-Mobile, dan Chris White seorang kepala desain dan pengembangan antarmuka WebTV untuk mengembangkan sebuah "perangkat seluler pintar yang lebih sadar tentang lokasi dan preferensi penggunanya". Tjuan awal dari perkembangan tersebut pada mulanya diperuntukkan bagi kamera digital, namun disadari bahwa pasar dari kamera digital tidak besar potensinya, dan pengembangan Android lalu dialihkan pada pasar telepon pintar atau smartphone untuk menyaingi Symbian serta Windows Mobile (iPhone Apple pada saat itu belum dirilis).

Meskipun para pengembang Android tersebut merupakan pakar-pakar teknologi yang berpengalaman, Android Inc. dijalankan secara diam-diam dan hanya diungkapkan bahwa para pengembang tersebut sedang berusaha menciptakan sebuah perangkat lunak yang dapat diperuntukkan untuk telepon seluler. Masih pada tahun yang sama, Andy Rubin kehabisan uang. Steve Perlman adalah seorang teman dekat Andy Rubin dan meminjaminya $10.000 tunai serta menolak tawaran saham di perusahaan.

Google mengakuisisi perusahaan Android Inc. pada tanggal 17 Agustus 2005 dan menjadikannya sebagai anak perusahaan yang dimiliki oleh Google. Pendiri Android Inc. yaitu Rubin, Miner, serta White tetap bekerja pada perusahaan tersebut setelah diakuisisi oleh Google. Di Google, tim yang dipimpin oleh Andy Rubin mulai untuk mengembangkan sebuah platform perangkat seluler dengan menggunakan kernel Linux.

Sejak tahun 2008, Android mulai secara bertahap melakukan sejumlah pembaruan atau update untuk meningkatkan kinerja dari sistem operasi tersebut dengan menambahkan fitur baru, memperbaiki bug pada versi android yang sebelumnya. Setiap versi yang dirilis dinamakan secara alfabetis dengan berdasarkan nama sebuah makanan pencuci mulut, seperti cupcake, donut, dan sebagainya. Berikut nama-nama versi android.

Pre-commercial release (2007–2008)

Android Apple Pie

Google dan OHA merilis setidaknya ada 2 versi sebelum Android beta dirilis pada November 2007. Versi Alpha memiliki codename yaitu : Astro Boy, Bender dan R2-D2.

Android Banana Bread

Android beta dirilis pada tanggal 5 November 2007, sedangkan software development kit atau SDK telah dirilis pada tanggal 12 November 2007. Pada tanggal 5 November kemudian ditetapkan sebagai hari “ulang tahun”.

Commercial Release Version

Android Cupcake


Mei 2009, Google memutuskan untuk mengeluarkan versi baru dari Android, yakni Android 1.5. Saat itu Google pun mulai memberikan nama pada sistem operasinya. Google kemudian memilih nama “Cupcake”.

Nama ini sebenarnya adalah penghormatan dari Google terhadap Apple dan BlackBerry yang saat itu populer dengan produk ponsel pintar mereka. Mengingat Apple dan BlackBerry adalah nama makanan dan secara kebetulan huruf awalnya adalah urutan awal abjad, Google pun kemudian menamakan sistem operasinya dengan awalan C.

Maka lahirlah Cupcake yang merupakan sistem operasi yang memungkinkan penggunanya lebih mudah mengunggah video ke Youtube. Pada versi ini juga muncul beberapa fitur menarik seperti dukungan terhadap headset Bluetooth nirkabel

Android Donut


Tidak lama setelah rilis Cupcake, Google mengembangkan update terbaru dengan nama Android 1.6. Update ini kemudian dinamakan dengan nama makanan seperti halnya Cupcake, yakni Donut. Pada versi ini, Google memperbaiki beberapa bug dan juga menambah fitur untuk mendukung layar yang lebih lebar.

Android Eclair


Google meluncurkan Android versi 2.0 yang dinamakan Eclair. Nama ini juga masih tetap nama makanan penutup, yakni sebuah kue persegi panjang yang memiliki lapisan coklat pada bagian atasnya dan terdapat krim di bagian tengahnya.

Versi ini masih terdapat bug, kemudian Google memperbaiki bug tersebut pada Desember 2009. Pada awal 2010, Google merilis Android 2.1 yang masih menggunakan kode nama yang sama tetapi hadir dengan update yang cukup besar, semisal dukungan flash pada kamera, dukungan navigasi multisentuh, dan sebagainya.

Android Froyo


Android kemudian mendapatkan update terbaru, yakni Android 2.2 Google memberikan nama pada versi ini, yakni Froyo yakni Frozen Yoghurt. Makanan ini adalah yoghurt yang tampak seperti eskrim karena telah didinginkan terlebih dahulu. Versi ini menghadirkan peningkatan pada peramban Google Chrome. Tidak berapa kemudian, muncul Frozen Yoghurt versi 2.2.3 dengan beberapa penambahan fitur.

Android Gingerbread


Akhir 2010, Google merilis Android versi 2.3. Versi ini bisa dikatakan sebagai versi Android yang cukup populer saat itu. Sistem operasi ini telah mendukung kemampuan teknologi baru seperti sensor NFC, giroskop, dukungan tweak pada tablet. Produk pertama yang menggunakan OS ini adalah Nexus S besutan Samsung. Kemudian Google pun menghadirkan versi yang lebih stabil, yakni Android 2.4. Kedua versi Android ini diberi nama Gingerbread, yakni sebuah roti rasa jahe yang sering dimakan saat liburan di Amerika Serikat sana.

Android Honeycomb



Ketika perangkat tablet mulai populer, Google pun mengambil langkah dengan menghadirkan sistem operasi khusus untuk tablet pada Februari 2011. Sistem operasi itu masih menggunakan nama Android, yakni Android Honeycomb. Honeycomb merupakan sereal jagung dengan bentuk sarang lebah. Serial yang populer pada tahun 1965 ini memiliki rasa madu. Kode nama Honeycomb sendiri digunakan untuk Android versi 3.1 dan 3.2.



Android Ice Cream Sandwich



Pada 19 October 2011, Google menghadirkan sistem operasi yang mendukung berbagai perangkat. Google menyebut sistem operasi ini dengan nama Ice Cream Sandwich, yakni sebuah es krim vanila dengan dua kue colat. Sistem operasi dengan kode versi Android 4.0 ini dihadirkan untuk mendukung kemampuan multitasking yang lebih baik dan kostumisasi layar beranda.

Android Jelly Bean



Android Jelly Bean bisa dikatakan sebagai sistem operasi tersukses dari Google. Banyak perangkat yang menggunakan sistem operasi ini. Bahkan, meskipun Google menghadirkan sistem operasi terbaru, tidak sedikit pengguna yang masih menggunakan sistem operasi yang merupakan nama sejenis permen kacang ini. Sistem operasi dengan kode versi Android 4.1 ini diperkenalkan pada Juni 2012. Sistem operasi ini menghadirkan tampilan yang cantik serta kemudahan pencarian. Google kemudian merilis Android Jelly Bean versi 4.2 dan versi versi 4.3 yang menghadirkan fitur dan kemananan lebih baik.

Android KitKat



Google kemudian merilis Android versi berikutnya, Android 4.4. Banyak rumor yang menyebutkan bahwa versi ini akan menggunakan nama Key Lime Pie. Namun, Google justru memilih nama KitKat, yakni sebuah merk coklat ternama di dunia. Android KitKat ini dirilis pada September 2013. Sistem operasi hadir dengan interface yang lebih baik dibandingkan Android Jelly Bean.

Android Lollipop


Tahun 2014, Google kemudian merilis Android terbaru, yakni Android Lollipop. Sistem operasi Android ini menggunakan kode versi Android 5.0. Banyak perubahan yang dihadirkan oleh Google pada vers ini. Salah satunya adalah notifikasi yang bisa muncul dimanapun meskipun pengguna menggunakan satu aplikasi. Saat artikel ini dibuat, sistem operasi dengan nama permen lollipop ini masih digunakan oleh beberapa perangkat saja. Namun, seiring berjalannya waktu, pastinya akan banyak perangkat yang menggunakan sistem operasi ini.

Jika menilik nama yang diberikan Google, maka versi Android selanjutnya akan menggunakan nama makanan dengan awalan huruf M. Mari nantikan saja sistem operasi yang tampaknya akan dirilis pada tahun 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar