Kamis, 28 Mei 2015

Sevilla Juara Liga Eropa 2015




Dalam beberapa tahun terakhir, tim-tim asal Spanyol begitu mendominasi di Liga Champions. Dominasi itu bisa jadi makin terasa musim depan setelah Sevilla juga ikut lolos ke Liga Champions.

Sevilla hanya berada di peringkat kelima Liga Spanyol musim ini dan harapan mereka untuk bisa berlaga di Liga Champions melalui jalur kompetisi domestik pun pupus.

Namun beruntung bagi mereka karena saat ini UEFA memberikan tiket Liga Champions musim berikutnya bagi pemenang Liga Eropa. Alhasil, kini Sevilla bergabung dengan Barcelona, Real Madrid, Atletico Madrid, dan Valencia sebagai perwakilan Spanyol.

Bagi Spanyol sendiri, ini adalah kali pertama mereka mengirim lima wakil ke ajang Liga Champions. Namun, secara keseluruhan , ini bukan kali pertama sebuah negara memiliki lima wakil di Liga Champions.

Pada musim 2005/2006 terjadi 'kasus khusus' dimana Liverpool yang juara Liga Champions musim itu ternyata tidak mampu masuk empat besar yang dihuni oleh Manchester United, Chelsea, Arsenal, dan Everton.

Sempat menjadi perdebatan sengit, akhirnya UEFA 'mengizinkan' ada lima wakil Inggris pada musim itu dengan syarat Liverpool harus berlaga sejak babak kualifikasi pertama.

Untuk Sevilla sendiri, tiket Liga Champions yang mereka pegang saat ini adalah tiket langsung berlaga di babak penyisihan grup tanpa perlu melalui babak kualifikasi.

Hal itu tidak terlepas dari kepastian lolosnya dua finalis Liga Champions musim ini, Barcelona dan Juventus ke babak penyisiham grup musim depan, sehingga slot juara bertahan kosong dan tidak terisi.

Bagi Sevilla, penampilan mereka di ajang Liga Champions 2015/2016 mendatang adalah yang pertama sejak musim 2010/2011. Ketika itu, Sevilla hanya mampu bertahan hingga babak kualifikasi keempat dan gagal masuk ke fase penyisihan grup.

Prestasi terbaik Sevilla di ajang Liga Champions ini sendiri adalah babak perempat final yang mereka capai musim 1957/1958 silam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar